Pengertian Router, Jenis dan Cara Kerjanya - Indonesia-Security

Info

 Ceriakan Harimu Dengan Senyuman.

Pengertian Router, Jenis dan Cara Kerjanya

Perngertian Router, Jenis dan Cara Kerjanya – Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi tentang salah satu perangkat keras yang digunakan untuk pengiriman paket data pada suatu jaringan. Perangkat keras tersebut adalah Router. Dibawah ini adalah penjelasan lebih lengkap dari Router, apa saja jenisnya dan bagaimana cara kerjanya.

 

Perngertian Router, Jenis dan Cara Kerjanya

 

Apa itu Router?

Router adalah sebuah perangkat keras jaringan yang digunakan untuk menganalisis, menentukan sumber paket data dan tujuan paket data, kemudian mengirimkan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya walaupun tujuan transmisi berada pada jaringan yang sama ataupun berbeda. Prosesnya sendiri dinamakan “Routing”. Bisa dikatakan router merupakan sebuah alat penghubung antar jaringan komputer. Dengan menggunakan Router kita dapat dengan mudah dan efesien mengelola jaringan lokal ataupun jaringan WAN.

 

Jenis-jenis Router

 

Berdasarkan jenisnya, router sendiri dibagi dalam 3 jenis, berikut ini ketiga jenis router tersebut beserta penjelasannya:

  • Router PC. adalah Sistem Operasi yang memiliki fasilitas untuk mensharing atau membagi IP Address. Router PC merupakan computer yang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi sebagai router. Sebuah computer bisa dijadikan router tidak harus dengan spesifikasi yang tinggi. Computer pentium dua memiliki hard drive 10 GB dan ram 64 sudah bisa digunakan sebagai router dengan cara menginstall system operasi khusus untuk router tersebut. Yang paling banyak digunakan adalah system operasi Mikrotik.

 

  • Router Hardware. adalah sistem perangkat yang memiliki kemampuan seperti halnya router, sehingga hardware atau perangkat keras tersebut bisa membagi, memancarkan, serta juga mensharing IP Address.

 

  • Router Aplikasi. adalah aplikasi yang dapat diinstal pada Sistem Operasi sehingga bisa membuat Sistem Operasi bersangkutan memiliki kemampuan seperti halnya router, contohnya WinProxy, WinRoute, SpyGate dan juga WinGate.

 

Jika dibedakan berdasarkan pengiriman paket data pada routing, kita bisa membedakan routing menjadi 2 yaitu langsung dan tidak langsung:

 

  • Routing Langsung. adalah sebuah pengalamatan secara langsung menuju alamat tujuan tanpa melalui host lain. Misalnya sebuah komputer dengan alamat IP 192.167.1.3 mengirim data ke komputer lain dengan alamat IP 192.167.1.2 maka data akan langsung dikirim ke alamat IP tersebut

 

  • Routing Tidak Langsung. adalah proses pengiriman data melalui proses pengalamatan yang harus melalui alamat host lain sebelum menuju alamat host yang dituju. Misalnya komputer dengan IP 192.167.1.3 ingin mengirim data ke komputer dengan IP 192.167.1.2, sebelum ke host tersebut harus menuju ke komputer dengan IP 192.167.1.4 terlebih dulu.

 

Kemudian untuk membedakan routing berdasakan jenis konfigurasi menjadi:

 

  • Minimal Routing, adalah proses routing sederhana yang biasanya hanya untuk pemakaian ruoting lokal saja.

 

  • Static Routing, adalah proses routing yang  digunakan pada jaringan yang menggunakan sedikit router dan konfigurasi routing yang tidak berubah dalam waktu lama.

 

  • Dinamic Routing, adalah proses routing yang digunakan pada jaringan yang memiliki lebih dari satu rute. Jika ada perubahan topologi antar jaringan, router secara otomatis membuat routing baru. Routing dinamis merupakan protokol routing yang digunakan untuk menemukan jaringan serta untuk melakukan update pada routing table pada router.

 

Bagaimana Cara Kerja Router?

 

Fungsi utama Router adalah merutekan paket (informasi). Sebuah Router memiliki kemampuan Routing, artinya Router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (paket) akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang satu network ataukah berada di network yang berbeda.

Jika paket-paket ditujukan untuk host pada network lain maka router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya, jika paket-paket ditujukan untuk host yang satu network maka router akan menghalangi paket-paket keluar.

Ilustrasi mengenai cara kerja router ini dapat dilihat pada gambar dibawah:

 

 

Pada gambar diatas terdapat 2 buah network yang terhubung dengan sebuah router. Network sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router mempunyai alamat network 192.168.1.0 dan network sebelah kanan terhubung ke port 2 dari router dengan network address 192.155.2.0

 

  • Komputer A mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan meneruskan data tersebut ke network lain.
  • Begitu pula ketika komputer F mengirim data ke E, router tidak akan meneruskan paket data ke network lain.
  • Barulah ketika komputer F mengirimkan data ke komputer B, maka router akan menruskan paket data tersebut ke komputer B.

 

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai perangkat keras pada jaringan yaitu Router. Semoga bermanfaat ^^

 

 

Kunjungi juga artikel-artikel menarik lainnya di indonesia-komunitas.com dan indonesia-security.com


Tandai


Komentar

Informasi :

   Jadilah Komentar Anda Yang Pertama (Pertamax). Komentarlah dengan Kata Yang Baik Dan Sopan, Dilarang Menggunakan Kata Kasar Dalam Berkomentar.
   Selalu Berkunjung Di Website Kami :3, Kami Akan Selalu Memberikan Yang Terbaik.
  • Disqus
  • Website
  • Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] Klik Disini Untuk View Emoticon Yang Ada Di Website. Powered By : @Indonesia-Komunitas