Tips Mempercepat Preview di After Effect - Indonesia-Security

Info

 Ceriakan Harimu Dengan Senyuman.

Tips Mempercepat Preview di After Effect

Adobe After Effect

Tips Mempercepat Preview di After Effect – Adobe After Effects merupakan salah satu program yang cukup populer untuk membuat efek – efek video. Selain membuat efek video, Adobe After Effects juga bisa digunakan untuk membuat animasi sederhana, seperti halnya Adobe Flash. Saya pribadi sering menggunakan Adobe After Effects untuk membuat efek – efek di video.

 

Namun, Adobe After Effects merupakan program yang di ciptakan untuk kalangan professional di bidang video effect. Sehingga minimum spesifikasi komputer yang di butuhkan juga terbilang tinggi, dan jika di paksakan di install di komputer dengan spesifikasi yang rendah, maka akan berakibat berjalan dengan lambat atau lag ketika editing, terutasa ketika sedang preview. Namun ada beberapa tips dari saya untuk mempercepat proses preview tersebut agar lebih lancar. Sebelum itu kalian perlu tahu terlebih dahulu spesifikasi untuk menjalankan Adobe After Effect ini. Berikut adalah spesifikasinya :

  • Processor Intel atau AMD yang support multy threading.
  • RAM minimal 4 GB, recomended 8 GB, dan gunakan RAM dengan speed yang tinggi.
  • Gunakan SSD. Lebih bagus lagi jika menggunakan SSD jenis m.2 stick.
  • Gunakan kartu graphics NVIDIA. Sangat di sarankan untuk menggunakan kartu graphic high end.

 

Dan untuk spesifikasi tambahan lainya itu terserah anda. Oke,  saya akan menunjukkan cara mengoptimalkan performa Adobe After Effects.. khusus Adobe After Effects CC 2015, fitur RAM preview sudah dihilangkan. Namun, menurut saya ini lebih baik dan juga di Adobe After Effects CC 2015, ada fitur yang membolehkan penggunanya untuk menggunakan kartu graphic yang untested. Di bawah ini saya akan membahas cara mengoptimalkan performa Adobe After Effects CC.

 

yang pertama, silahkan anda klik menu Edit > preferences > previews

Tips Mempercepat Preview di After Effect

 

 

Lanjutkan dengan mengklik “ GPU information “.

Tips Mempercepat Preview di After Effect

 

Selanjutnya ini yang tak kalah penting, berikan centang pada bagian :

Tips Mempercepat Preview di After Effect

 

Selanjutnya, silahkan anda masuk ke pngaturan memory. Di bagian ini , anda dapat melakukan setting agar cache penyimpanan lebih besar. sesuaikan dengan kebutuhan saja.

 

Jika hal diatas sudah dilakukan dan masih terasa berat maka kalian perlu melakukan penurunan kualitas ketika preview seperti dibawah ini :

 

  1. Rubah resolution dalam tab composition seperti gambar berikut :

 

Ketika kamu lihat di bagian bawah tab composition kamu, maka disitu akan terdapat bacaan Full  atau Half atau Third atau bahkan Auto, maka itu menjelaskan berapa resolusi yang kamu gunakan saat proses Ram Preview, perlu diingat bahwa ram preview itu artinya “pemutaran Video di After effect”. Ketika kamu pilih Full, artinya kamu memilih resolusi penuh ketika ingin memutar video tersebut, dan itu akan memperlambat proses pemutaran video karena akan memakan banyak memory Ram. Kalau kamu pilih Auto, artinya resolusi akan mengikuti seberapa besar ukuran zoom pada video yang akan kamu putar. ketika kamu pilih untuk memutar video dalam keadaan full screen dan resolusi dalam keadaan auto, maka artinya resolusi akan secara otomatis menggunakan Full Resolution. Kalau kamu Zoom Out video nya dengan cara “Scroll Down” Mouse kamu, maka Resolusi akan otomatis menggunakan Third atau bahkan bisa lebih kecil.

 

Bila ingin Tahu Arti dari Full, Half, Third, dan Quarter.. maka Full itu artinya resolusi akan di aplikasikan secara penuh sesuai dengan resolusi nyata video tersebut. Half artinya Resolusi video sesungguhnya akan dibagi kualitasnya 2 kali lebih rendah. Third, Resolusi ketika pemutaran video akan 3 kali lebih rendah dari video aslinya. Quarter, resolusi akan 4 kali lebih rendah daripada aslinya.

Memang semakin kecil kamu pilih resolusi tersebut, akan semakin cepat proses pemutaran videonya, namun qualitas gambar tersebut pun akan lebih buram terlihatnya. Maka kamu bisa tentukan resolusi yang cocok untuk memutar video kamu, yang penting jangan selalu menggunakan full resolution saja, toh itu hanya untuk memutar video dalam afteer effect nya saja, kalaupun sudah masuk ke proses rendering makan akan masuk kembali secara otomatis ke Full Resolution.

 

  1. Rubah Frame Rate di tab Preview seperti gambar berikut :

 

Kalau kamu lihat di tab preview, maka akan ada menu Frame rate, kemudina ada pilihan 15, 24, 25, 29,97 dst.. itu artinya semakin kecil frame rate yang kamu pilih ketika Preview, maka akan semakin cepat proses pemutaran video akan dilakukan. Namun kekurangannya, tentu ketika kamu lakukan pemutran video, maka akan ada beberapa Frame atau dengan kata lain “Gambar” yang akan dilewat atau di Skip saat video tersebut diputar, tapi memang akan lebih cepat dalam proses pemutaran videonya.

 

Untuk cara yang satu ini memang saya jarang saya gunakan kecuali dalam suasana Emergency atau terdesak. Karena dengan menggunakan cara ini, bila video nya memiliki suara maka suara tersebut akan terkesan patah-patah, dan ada beberapa gambar yang terlewat yang mungkin itu penting untuk edit video secara detail.

 

  1. Merubah Frame Rate di Composition-nya langsung, seperti gambar berikut :

 

 

Cara yang terakhir ini bisa kamu gunakan bila video yang kamu buat itu adalah berbentuk Animasi, seperti kartun, atau video animasi yang memang kamu buat sendiri. Bila kamu membuat animasi sendiri dengan menggunakan gambar dari Photoshop/ Illustrator atau juga Gambar yang kamu buat sendiri di After Effect, maka penting sekali untuk kamu memperkecil Frame Rate di composition kamu, karena untuk video jenis animasi itu tidak membutuhkan frame rate yang banyak, animasi itu cukup untuk menggunakan 15 Frames per Second saja.

 

Cara akses untuk merubah Frame Rate secara langsung di Composition kamu adalah dengan cara : pastikan bahwa kursor mouse kamu tepat berada di tab Composition, kemudian kamu klik CTRL+K, akan secara otomatis langsung muncul tab pengaturan composition seperti gambar diatas, kemudian kamu bisa pilih yang angka 15 untuk video dengan jenis animasi. Proses ini selain akan membuat proses memutar video kamu jadi lebih cepat, juga akan menjadikan proses Rendering lebih cepat karena proses ini akan merubah frame rate pada saat dilakukan ram Preview juga Rendering, berbeda dengan cara yang Nomor 2, itu hanya merubah untuk saat ram preview saja, tidak dengan saat rendering.

 

Itu adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat proses pemutaran video kamu di After effects itu jadi lebih ringan dan cepat. Saya yakin ini hanya sebagian kecil dari cara mempercepat proses pemutaran video di after effect.. maka dari itu bila punya pertanyaan.. silakan tinggalkan komentar.

 

 

 

Kunjungi juga artikel-artikel menarik lainnya di indonesia-komunitas.com dan indonesia-security.com




Komentar

Informasi :

   Jadilah Komentar Anda Yang Pertama (Pertamax). Komentarlah dengan Kata Yang Baik Dan Sopan, Dilarang Menggunakan Kata Kasar Dalam Berkomentar.
   Selalu Berkunjung Di Website Kami :3, Kami Akan Selalu Memberikan Yang Terbaik.
  • Disqus
  • Website
  • Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] Klik Disini Untuk View Emoticon Yang Ada Di Website. Powered By : @Indonesia-Komunitas